Resep Gulai Kambing Jawa Yang Lezat

Resep Gulai Kambing Enakkk ala Semarang oleh Tintin Rayner Cookpad
Resep Gulai Kambing Enakkk ala Semarang oleh Tintin Rayner Cookpad from cookpad.com

Gulai kambing merupakan salah satu jenis masakan yang khas dari Jawa. Banyak orang beranggapan bahwa masakan ini membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk membuatnya. Padahal, memasak gulai kambing Jawa tidaklah sulit. Berikut ini adalah cara membuat gulai kambing yang lezat.

Bahan-bahan

Untuk membuat gulai kambing Jawa, Anda memerlukan bahan-bahan berikut: 500 gram daging kambing, 2 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar bubuk, 1 buah tomat, 1 buah mentimun, 2 buah cabai merah, 2 sdm minyak goreng, 1 sdm garam, 1 sdm gula, dan 2 gelas air.

Cara Memasak

Langkah pertama adalah menyiapkan bumbu-bumbu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memotong-motong bawang putih dan cabai merah, lalu haluskan. Setelah itu, campurkan ketumbar bubuk, garam, dan gula. Aduk hingga merata.

Setelah itu, Anda bisa mulai memasak. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Masukkan bumbu yang telah disiapkan dan tumis hingga harum. Lalu, masukkan daging kambing dan masak dengan api kecil hingga matang. Jangan lupa untuk terus mengaduk agar daging tercampur dengan bumbu dengan merata.

Selanjutnya, masukkan tomat dan mentimun. Aduk hingga rata. Tuangkan 2 gelas air ke dalam wajan. Biarkan air mendidih. Setelah mendidih, turunkan api dan masak hingga kuah mengental. Jika sudah, gulai kambing Jawa siap disajikan.

Resep Alternatif

Selain resep di atas, Anda juga bisa membuat gulai kambing Jawa dengan cara yang lebih sederhana. Untuk membuatnya, Anda hanya memerlukan bumbu-bumbu yang telah disiapkan sebelumnya, daging kambing, serta 1 buah wortel. Cara membuatnya adalah dengan menumis bumbu hingga harum, lalu masukkan daging kambing dan masak hingga matang. Setelah itu, masukkan wortel dan masak hingga empuk. Tuangkan 2 gelas air dan biarkan hingga mendidih. Aduk hingga kuah mengental, dan gulai kambing Jawa siap disajikan.

Kesimpulan

Gulai kambing Jawa merupakan salah satu masakan khas dari Jawa yang cukup populer. Meskipun terlihat rumit, membuat gulai kambing Jawa tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan bumbu-bumbu dan daging kambing, lalu mengikuti resep dan cara memasaknya. Dengan cara memasak yang benar, Anda bisa membuat gulai kambing Jawa yang lezat dan nikmat.

Comments

Popular posts from this blog

cara buat aplikasi di excel Cara merubah pdf ke excel di laptop

Recipe: Tasty Ground Chicken Nachos

Recipe: Appetizing Ground Beef Nacho