Budidaya Kayu Jati Lengkap Pembibitan Dan Penanaman


usaha kayu jati


Halo apakah anda telah tidak gila ketika mendengar istilah kayu jati?

kali ini berwirasuaha akan sedikit mengupas wacana potensi usaha kayu jati.

Jati yaitu salah satu sejenis tanaman pohon penghasil kayu bermutu tinggi. Jati memiliki ciri Pohon besar, berbatang lurus, mampu tumbuh mencapai tinggi 30-40 m.

Pohon Jati ialah salah satu penghasil kayu terbaik dikala ini dan paling banyak dicari untuk aneka macam kebutuhan diantaranya yaitu pengerjaan kerajinan mebel dan furniture, bahan pengerjaan bangunan, dinding rumah dan lain sebagainya.

Hal yang membuat jati menjadi sangat digemari alasannya kayu jati mempunyai banyak sekali keunggulan dibanding dengan kayu lain.



Berikut ini keunggulan yang dimiliki oleh kayu jadi diantaranya :

1.    Memiliki kekuatan dan keawetan yang sangat bagus

2.    Praktis dipotong dan diolah menjadi banyak produk

3.    tidak gampang berubah bentuk akibat pergantian cuaca.

4.    Tidak gampang lapuk

5.    Memiliki bobot yang berat dan kuat dan masih banyak lagi


Jenis Jenis Kayu Jati

 Jati sendiri memiliki berbagai jenis, yang diketahui luas diantara penduduk luas, diantaranya ialah :

1.    Jati unggul

2.    jati emas

3.    Jati super

4.    Jati jumbo

5.    Jati perhutani

6.    Jati utama

7.    Jati biotropika dan masih banyak lagi


Harga bibit Jati


Sebenarnya Harga bibit jati beraneka ragam tergantung dengan harga sesuai pasaran didaerah tersebut. Sedangkan pemasaran bibit lazimnya dibagi menjadi dua :


1.    yang pertama ialah dijual benih utuh

benih bibit jati lazimnya dihargai antara 700.000 hingga dengan 2.000.000 perkilo, tergantung dengan jenis dan keunggulan benih itu sendiri.


2.    yang kedua bibit siap tanam

adalah bibit yang telah ditumbuhkan dalam pot/bag tanam dan siap di tanam dalam lahan. Untuk bibit jati yang telah berkembang dan siap di tanam harganya lebih mahal adalah berkisar antara 7.000 sampai 20.000 ribu perbatang/pot.


Tips Budidaya Jati

1.Persiapan lahan

Tanaman jati bagus dibudidayakan di ketinggian 600 meter di atas permukaan maritim. Mendapat curah hujan cukup yaitu antara 1.200 mililiter (mm) sampai 3.000 mm pertahun. Suhu udaranya 10 – 40 derajat Celcius, kecepatan angin 40 kilometer (km) per jam- 48 km per jam, serta tingkat keasaman (pH) tanah antara 5.5 – 7.5.


2.Penanaman

Untuk Proses penanaman kayu jati sendiri tidak jauh berlawanan dengan flora pohon kebanyakan, yaitu dengan membuat lubang tanam berukuran 40 cm x 40 cm x 40 cm. Sedangkan jarak ideal tanaman jati ialah 3 meter (m) x 3 m. Pastikan jarak tanam antar pohon tidak terlampau erat semoga pohon menerima cukup terkena matahari.


3.Pemupukan

Untuk mendapatkan keuntungan kurun panen yang cepat pastinya juga perlu perawatan dan pemupukan. Awal tanam dilaksanakan pemupukan dengan diberikan pupuk sangkar dan NPK dilubang tanam dengan takaran 3 sampai 5 kilogram pupuk kandang dan 200 gram NPK dalam satu lubang.

Pemupukan dikerjakan rutin setiap 6 bulan sekali dengan pupuk kandang dan NPK dengan takaran 250 gram. Jika flora jati telah berumur lebih satu tahun, pemupukan dijalankan setahun sekali dan diberikan menjelang musim hujan.

Dengan perawatan dan pemupukan yang sempurna, pohon jati mampu dipanen pada usia 5 tahun atau pohon telah berdiameter 30 cm. Demikian sedikit citra Usaha Budidaya Jati Unggulan agar membantu anda.


4.Panen

Untuk panen anda mampu pastikan sendiri lamanya tergantung dengan pertumbuhan kayu jati anda biasanya panen bisa dilaksanakan saat usia pohon mencapai usia antara 10 hingga 15 tahun.

Harga perbatang kayu jati sendiri terbilang cukup menggiurkan mampu meraih 15 juta/m3.


Bagaimana sungguh puluang perjuangan investasi yang sangat prospektif bukan.

Mungkin hanya itu dulu yang mampu saya bagikan agar berguna dan biar sukses.


Comments

Popular posts from this blog

cara buat aplikasi di excel Cara merubah pdf ke excel di laptop

Recipe: Tasty Ground Chicken Nachos

Easiest Way to Make Yummy italian nachos